Fam Trip Media Great China 2016
Teks : Annisa Filania
Foto : Sofi Aida Sugiharto
Jakarta, 10 Maret 2016 – Dalam rangka program pencapaian target jumlah angka kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 12 juta pengunjung pada tahun 2016, Kementerian Pariwisata, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara mencanangkan program Fam Trip Media Great China 2016. Kegiatan ini merupakan bentuk realisasi pada periode kuartal pertama, Januari-Maret 2016, sebagai rangkaian kegiatan pemasaran dan promosi di seluruh kawasan-kawasan tempat asal wisata mancanegara.
Fam Trip Media mendatangkan wisatawan mancanegara lansung dari Hongkong, untuk menikmati keindahan alam Indonesia, yakni daerah Balikpapan, Berau, dan Derawan, Provinsi Kalimantan Timur. Sebanyak 11 orang jurnalis dari media Hongkong, sampai di Jakarta pada Jumat, 4 maret, dan langsung melanjutkan flight menuju Balikpapan, Berau, dan Derawan.
Para peserta fam trip media selama berada di Kepulauan Derawan menginap di Maratua Paradise Resort, dan mengikuti beberapa agenda penyelaman yang telah disiapkan. Beberapa titik penyelaman tersebut antara Turtle Point, Hanging Coral, Thresher Shark, Barracuda Point, dan House Reef. Beberapa jurnalis Hongkong yang memiliki diving lisence berkesempatan langsung menyelam bersama penyu di Tutle Point. Spot ini memang merupakan daya tarik utama penyelaman di sekitar Kepulauan Derawan. Sedangkan bagi jurnalis yang tidak memiliki diving lisence, tetap masih bisa menikmati keindahan bawah laut dengan ber-snorkeling.

Dive at Turtle Point
Tidak hanya sampai disitu, perjalanan kembali berlanjut di hari ke-empat, dengan beberapa destinasi, yakni menyelam di Pulau Sangalaki yang terkenal dengan dancing Manta Ray, dan snorkeling mengintip ubur-ubur tidak menyengat di Jellyfish lake, Kakaban.
Destinasi yang sudah dipilih merupakan destinasi unggulan yang ada di Indonesia. Peserta fam trip media mengakui bahwa ada banyak hal yang mereka kagumi sepanjang trip ini, seperti sunset view di Maratua, spot penyelaman Turtle Point dan Barracuda Point, serta yang tak kalah indahnya adalah Jellyfish Lake di Kakaban yang menjadi rumah bagi ratusan stingless jellyfish.
Program fam trip yang langsung mendatangkan wisatawan dari luar negeri untuk mengunjungi berbagai destinasi pariwisata Indonesia bertujuan untuk mengembangkan pemasaran pariwisata mancanegara. Target utama promosi yaitu kawasan Asia Pasifik, sebagai sasaran pengembangan pariwisata mancanegara, yang di dalamnya pasar The Greater China dijadikan sebagai fokus utama