Target Pariwisata Indonesia tahun 2016

    Pencapaian kinerja tahun 2015 dan proyeksi pariwisata Indonesia tahun 2016 telah disampaikan pada acara jumpa pers pengunjung akhir tahun Kementrian Pariwisata secara langsung oleh Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya. Disampaikan bahwa pertumbuhan pariwisata Indonesia tahun 2015 menurut estimasi kementrian tumbuh sebesar 5,81% yang menurutnya memberikan kontribusi terhadap perekonomian (PDB) Nasional sebesar 4,23% nilai ini melampui dari target 4%.Menurutnya potensi pariwisata Indonesia sangat besar namun belum tergarap secara optimal dengan demikian target pariwisata tahun 2016 ini direncanakan lebih tinggi yaitu menjadi 5% dari PDB sehingga dapat membuka 11,7 juta tenaga kerja untuk dapat menghasilkan Rp. 172 triliun devisa bagi Negara ini. Dari sisi perjalanan Wisatawan nusantara ( Wisnus ) tahun 2016 ditetapkan sebanyak 260 juta perjalanan dengan uang yang dibelanjakan sebesar Rp.223,6 triliun atau lebih besar dari target capaian devisa dari Wisman.

    Untuk mendukung target tersebut Kemenpar bersama stakeholder pariwisata telah menyiapkan rencana aksi yaitu dengan melanjutkan strategi pemasaran dan promosi dengan mefokuskan pada positioning dan memperkuat branding Wonderful Indonesia di Negara-negara pasar utama. Untuk Advertising dan Selling Indonesia selain akan melakukan kampanye komunikasi di beragam media luar ruang baik media internasional maupun media luar ruang diseluruh dunia akan mengikuti kegiatan pameran pariwisata Internasional maupun pameran wisata minat khusus di mancanegara seperti pameran wisata selam  dunia di DEMA Amerika dan BOOT di Dusseldorf.

    Selain pameran, Indonesia juga akan mengadakan kegiatan Sales Mission dalam rangka meningkatkan dukungan pemerintah dalam penjualan paket-paket wisata, kegiatan ini akan diikuti oleh para pelaku bisnis industri pariwisata yang akan meningkatkan kepercayaan para buyers mancanegara. Kegiatan lainnya yang akan terus diadakan yaitu Familiarization Trip yang bertujuan untuk mengundang tour operator, media, penggiat sosial media , asosiasi maupun influencer dari mancanegara dengan mengujungi destinasi wisata di seluruh Indonesia.

    Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya juga menjelaskan kesiapan pariwisata dalam menyambut diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2016 antara lain dengan mempersiapkan peraturan dan kebijakan serta penerapan yang terkait dengan industri pariwisata salah satunya dengan memfasilitasi sertifikasi kompetensi tenaga kerja bidang pariwisata dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang merupakan hal utama yang harus dipersiapkan.

    Tantangan yang akan dihadapi tahun depan juga diingatkan bahwa adanya perlambatan ekonomi global, dampak penurunan harga minyak dunia serta fluktuasi mata uang yang mempengaruhi tingkat kunjungan Wisman. Tantangan lainnya menurut ( UNWTO ) adalah ancaman terorisme dan perubahan iklim global. Jumpa Pers akhir tahun 2015 disemarakkan dnegan serangkaian acara antara lain pameran, soft launching Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia, serta diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba foto aerial obyek wisata di Tanah Air terbaik dengan drone. memang fotografi aerial saat ini memiliki banyak peminatnya didalam negeri.

    Drone Aerial Photography Winner
    <span class="icon-user"></span>

    scubadiver

    Scuba Diver Indonesia adalah majalah selam internasional paling terkemuka di dunia.

    Facebook comments

    Website comments