Musim Dingin Paus Pembunuh

    Teks & foto oleh Tobias Friedrich

    “Bagian utara Lingkar Arktik, perairan dingin dipenuhi oleh predator kelas berat yang sedang berburu; pertemuan dengan mahluk ekstrim menanti Anda, tetapi hanya jika Anda sanggup mendorong diri Anda hingga ke batas akhir.”

    Norwegia utara di musim dingin. Matahari perlahan bergerak ke atas horizon dan bersinar selama beberapa jam setiap hari. Tetapi di sinilah setiap tahun pada musim ini terjadi tontonan alam yang menakjubkan- lingkar Arktik Norwegia menjadi latar bagi perburuan yang sangat luar biasa.

    Sjøblomsten, atau “Bunga Laut”, membajak lajunya menembus air es yang dingin. Lagi dan lagi haluan kapal timbul-tenggelam ke dalam laut yang berbuih dan memercikkan air ke atas dek.

    “Sebenarnya, cuacanya cukup bagus,” kata kapten kapal, Per-Gunnar Mikkelsen, dalam bahasa Inggris yang terbata-bata. Namun demikian, kebanyakan penumpang telah berpindah ke salah satu sudut kapal atau berlindung di bawah dek. Sjøblomsten dulunya adalah kapal penangkap ikan dan sekarang memberikan banyak ruang lega bagi para penumpang untuk menghangatkan diri. Tetapi lautnya keras dan ombaknya terus-menerus menerjang kapal.

    “Sekarang musim dingin dan kita cukup jauh di atas Lingkar Arktik. Kondisinya selalu seperti ini,” kata Sven Gust, pemimpin ekspedisi dan pemilik Northern Explorers A/S. Ia mengorganisir tur di dalam lingkar Arktik setiap tahun: Greenland, Svalbard, Islandia, dan yang satu ini -safari paus di dalam fyord Vesterålen, bagian utara Kepulauan Lofoten di Norwegia, dimana orca, paus bungkuk, dan paus sirip berkumpul untuk berburu ikan haring. Dan kita akan menyaksikan perilaku spektakuler ini.

    Sejarah Perburuan

    Perburuan semacam ini bukanlah hal yang baru bagi Norwegia: Selama lebih dari 20 tahun, orca telah berburu ikan haring di Tysfjord, bagian selatan Lofoten, dan industri menonton paus pun berkembang. Tetapi, tiba-tiba semakin sedikit orca yang datang ke Tysfjord. Mengapa?

    Bagaimana kelanjutan sejarah perburuan paus dan apa yang dilakukan oleh para ilmuan untuk mengidentifikasi paus – paus tersebut?

     

    (Baca selengkapnya di Scuba Diver AustralAsia | Ocean Planet 3/2015)

    <span class="icon-user"></span>

    Annisa Filania

    Social Media Specialist

    Facebook comments

    Website comments